Pages

Senin, 10 Desember 2012

(AFF Cup 2012) Preview Indonesia 2-2 Laos : Hanya Bisa Imbang

(ditulis tanggal 25 November 2012)


Hasil kurang memuaskan didapat Tim Nasional Indonesia kala melakoni partai pertamanya di Piala AFF tahun ini. Bermain melawan Laos yang sebenarnya tidak diunggulkan Garuda hanya mampu berbagi angka 2-2. Tentu hasil ini diluar prediksi banyak orang, mengingat sejak bergulirnya AFF pada tahun 1996 Timnas selalu berhasil memenangkan pertandingan kala melawan Laos, bahkan tiga diantaranya diraih dengan skor telak.

Timnas memang bermain kurang bagus hari ini. Koordinasi antar lini kurang padu, sering terjadi miss komunikasi dan salah umpan antar pemain. Sejak peluit babak pertama dibunyikan, Laos dapat mengimbangi permainan Merah Putih. Petaka bagi Merah Putih dimulai saat kiper Endra Prasetya diusir wasit karena mengganjal pemain depan Laos pada pertengahan babak pertama. Unggul lebih dulu melalui titik putih membuat mental pemain Laos meningkat, mereka dapat memainkan permainan dengan baik. Indonesia baru bisa menyamakan kedudukan di akhir babak pertama melalui heading Maitimo yang memanfaatkan bola heading dari Bambang Pamungkas yang membentur mistar gawang.

Pada babak kedua, permainan Laos meningkat. Beberapa kali mereka mengancam lewat sisi kiri pertahanan Indonesia yang dijaga oleh Wahyu Widiastanto. Umpan satu dua antar pemain cukup bagus, sedang pertahanan Indonesia sendiri terkesan longgar.

Indonesia sendiri sebenarnya tidak selalu tertekan. Mereka membangun serangan melalui sisi kiri lewat kaki Andik Vermansyah yang berkolaborasi dengan Irfan Bachdim. Maitimo yang berposisi asli sebagai pemain bertahan sering melakukan over lapping sampai ke kotak penalty Laos, sedangkan Tony Cussel berperan sebagai pengumpan dari lini tengah, menutupi peran Taufiq yang tak terlalu terlihat pada pertandingan sore ini karena terlalu terfokus pada pertahanan.

Keluarnya Bambang Pamungkas yang digantikan oleh Mofu membuat peran Tony Cussel berubah dari gelandang menjadi striker. Namun sepertinya, Cussel kurang pas dengan posisi itu, beberpa kali ia terjebak offside dan lamban mengambil tindakan saat bola menghampirinya sehingga membuat pemain belakang Laos dengan mudah menghentikannya.

Waktu tidak bisa diulang. Hasil telah terpampang. Walau sulit, bukan berarti kita tak memiliki peluang. Apalagi partai Malaysia vs Singapura masih akan berlangsung. Ini baru partai pertama, kesempatan masih terbuka lebar. Semoga Garuda dapat menampilkan permainan yang jauh lebih bagus saat melawan Singapura.

Bagaimana perjuangan Merah Putih pada AFF tahun ini? Mari kita lihat sampai akhir.

Selesaii…
Rista Fitria Anggraini

0 komentar:

Posting Komentar