Pages

Senin, 10 Desember 2012

(AFF Cup 2012) Preview Indonesia 1-0 Singapura : Tumpas Trend Tak Pernah Menang

(ditulis tanggal 30 November 2012)


Asa kembali terbentang untuk skuad Garuda kala pada laga kedua penyisihan grup Piala AFF 2012 Indonesia berhasil menang tipis atas Singapura dengan skor 1-0. Banyak yang memprediksikan Indonesaia akan kalah pada awal laga mengingat pada partai sebelumnya Indonesai hanya mampu bermain imbang dengan tim yang dianggap paling lemah dalam grup Laos, sedangan Singapura mampu menang telak 3-0 atas juara bertahan sekaligus tuan rumah Malaysia.

Adalah Andik Vermansyah, pemain asal Persebaya ini berhasil mencetak satu-satunya gol dalam laga ini di akhir babak kedua lewat tendangan bebas yang sangat menawan. Tendangan bebas dari samping kanan pertahanan Singapura ini berhasil melaju dengan mulus ke arah gawang memanfaatkan posisi kiper yang terlalu maju ke depan. Bola lambung itu tidak berhasil diselamatkan dan sukses terjaring di pojok kiri gawang The Lions.

Hasil ini sekaligus merupakan sejarah baru bagi Indonesia. Sejak Piala AFF digelar, Indonesia belum pernah sekalipun menang atas Singapura. Pertemuan terakhir mereka dalam ajang AFF terjadi pada tahun 2008 dimana Indonesia harus takluk 0-2.

Dalam pertandingan kemarin, pelatih Nil Maizar benar-benar mengubah susunan pemain dari saat melawan Laos. Penjaga gawang Endra Pras yang tidak dapat bermain karena terkena kartu merah pada laga sebelumnya posisinya diganti oleh Wahyu Tri Nugroho. Permainan kiper asal Persiba Bantul ini cukup bagus dalam laga kemarin, beberapa peluang berbahaya berhasil diamankannya. Absennya Tony Cusel membuat peran Taufiq di central permainan Merah Putih lebih dominan. Di sektor sayap kanan, Andik Vermansyah dibangku cadangkan dan posisinya ditempati Ellie Aiboy, sedangkan dikiri masih tetap ditempati Oktavianus Maniani. Di lini depan pemain Senior Bambang Pamungkas juga dibangku cadangkan dan posisinya diisi oleh Rahmat yang sekaligus merupakan debut pertamanya dalam ajang AFF ini.

Rotasi yang cukup signifikan ini terbukti cukup berhasil. Di babak pertama, Indonesia berhasil meredam serangan Singapura. Koordinasi antar lini juga cukup baik. Indonesia menekan hanya dengan memanfaatkan serangan balik. Di babak kedua, Indonesia mulai tampil menyerang. Masuknya Andik Vermansyah dan Bambang Pamungkas menyegarkan permainan tim. Praktis, ball position dikuasai Merah Putih. Maitimo yang pada babak pertama hanya terfokus pada pertahanan mulai melakukan over lapping ke depan seperti yang juga dilakukannya saat kontra Laos. Di kartu merahnya Irwan Shah pada pertengahan babak kedua membuat Singapura semakin tertekan. Dan akhirnya, gol Andik menjadi penyempurna laga.

Dengan hasil ini, untuk sementara Indonesia memuncaki klasmen grup B dengan poin 4 setelah Laos berhasil dicukur Malaysia dengan skor 4-1. Namun, demikian posisi Indonesia masih belum aman. Partai terakhir melawan Malaysia nanti akan menjadi penentu lolos tidaknya Indonesia ke fase semi final. Partai terakhir nanti tentu akan menjadi partai akhir pekan yang sangat seru dan ditunggu-tunggu oleh banyak kalangan, mengingat peluang Malaysia untuk lolos juga terbuka lebar asal bisa mengungguli Indonesia, sedangkan Indonesia hanya butuh hasil seri saat menghadapi Malaysia.

Siapakah yang akhirnya dapat lolos dari fase grup ini? Mari kita tunggu...

Selesai..
Rista Fitria Anggraini

0 komentar:

Posting Komentar