Pages

Sabtu, 24 November 2012

Dan Perjuanganpun Kembali Dimulai

(ditulis tanggal 25 November 2012)

 
Setelah dua tahun berlalu, akhirnya event yang paling kita tunggu-tunggu AFF Suzuki Cup kembali digelar. Tergabung dalam Grup B bersama tuan rumah Malaysia, Singapura, dan Laos, Indonesia akan mengawali partai perdananya sore nanti melawan tim yang dianggap paling lemah dalam grup B, Laos. Partai ini tentu akan sangat menguntungkan untuk Indonesia karena partai pertama adalah partai yang sangat penting dan akan berperan besar dalam perjalanan sebuah tim mengarungi parta-partai selanjutnya. Jika Timnas menang, mereka akan menggenggam kepercayaan diri yang lebih saat bermain kontra Singapura dan Malaysia. Jadi, tidak ada kata lain selain menang dengan sebanyak-banyaknya.
Tentu masih segar dalam  ingatan kita bersama bagaimana keperkasaan Merah Putih pada event yang sama dua tahun lalu. Timnas Garuda berhasil mengarungi partai penyisihan dan semi final tanpa cacat, tanpa kehilangan satu poin pun. Ekspektasi yang tinggi dan keyakinan yang kuat akan trofi AFF untuk kali pertama menyeruak ke dalam diri setiap masyarakat Indonesia saat itu. Saya yakin dua tahun lalu, sebelum partai di Bukit Jalil tak ada yang sangsi jika Indonesia-lah yang akan merebut juara. Namunm kenyataan yang ada sungguh di luar prediksi banyak orang. Indonesia harus bertekuk lutut sekaligus kehilangan momentum juara saat dihantam Harimau Malaya di Bukit Jalil. Hanya sekali kalah dan piala itu pun melayang.
Berada di tempat yang sama seperti dua tahun lalu, tempat dimana harapan seluruh masyarakat Indonesia menguap hanya dalam waktu semalam, Indonesia akan mengarungi laga penyisihan grup Piala AFF 2012. Dua tahun lalu, tempat ini sebagai malapetaka bagi Merah Putih, mereka tertunduk tak berdaya bersama dengan kekecewaan seluruh supporter Indonesia yang rela berbondong-bondong memadati Stadion Bukit Jalil demi harapan akan kata JUARA menyambangi negeri tercinta. Rasanya, hal itu baru terjadi kemarin, bahkan rasa kecewa ini pun masih terasa hingga saat ini.
Namun bagaimanapun tak ada alasan bagi Merah Putih untuk mengulang hal yang sama tahun ini. Biarlah AFF 2010 berlalu dan kita untuk yang kesekian kalinya gagal membawa piala itu ke tanah air. AFF 2012 baru saja dimulai, semuanya kembali ke nol. Piala itu kembali diperebutkan, semuanya memiliki kesempatan yang sama.
Jadi, mari berjuang kembali Garudaku, jangan menyerah. Kita semua tahu bagaimana kau terseok-seok dalam mempersiapkan event ini, bagaimana permasalahan selalu muncul dan mengganggu persiapanmu, bagaimana orang-orang di atas sana yang entah peduli apa tidak dengan Tim Nasional terus saja mempertontonkan ego mereka, dan membuat masalah berlarut-larut. Oleh karena itu, kami akan selalu mendukungmu. Mendukung dan selalu berdo’a dengan segala kelemahan dan kekuranganmu saat ini. Karena kau adalah Tim Nasional Indonesia. Prajurit terdepan lapangan hijau yang akan menunjukkan seberapa besar kekuatan sepakbola negeri ini sebenarnya.
Welcome AFF 2012, God Bless Timnas Indonesia
Selesai…
Rista Fitria Anggraini

0 komentar:

Posting Komentar