Pages

Sabtu, 25 Februari 2012

Hilangnya Motivasi dan Kepercayaan Diri

(ditulis tanggal 11 Februari 2012)



Sudah dua hari ini mood saya kurang baik. Galau, malas, sedih selalu datang menerpa hati dan pikiran saya. Mungkin hal itu jugalah yang menyebabkan semangat saya lambat laun pudar menghilang. Dan.. kehilangan semangat pada saat sekarang ini adalah saat yang kurang tepat karena hari Senin depan saya harus mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat sekolah.

Seperti tahun lalu, saya ikut Mata Pelajaran Fisika.Sampai saat ini saya sudah 3 kali ikut OSN. Mulai dari kelas 1 dan 2 SMP, dan terakhir 1 SMA. Dan ketiga-tiganya saya lolos untuk seleksi tingkat sekolah, tapi selalu gagal di tingkat Kabupaten. Untuk tahun ini yang merupakan kesempatan terakhir saya mengikuti OSN saya sangat ingin sekali lolos tingkat kabupaten dan bisa ikut tingkat provinsi.

Namun kondisi saya saat ini sangat kurang baik. Hilangnya Motivasi dan Kepercayaan diri lambat laun menghilangkan semangat saya. Saya juga tidak tahu alasannya kenapa. 3 hari ini saya beruasaha mengerjakan soal namun tak satupun soal mampu saya kerjakan. Frustasi mulai menyeruak, ada apa dengan sayaaa????????????

Sejujurnya sampai saat ini saya benar-benar tidak tahu apa yang menjadi bakat dan minat saya. Semuanya serba pas-pasan. Tidak baik tidak juga buruk. Saat ini saya hanya bisa mencoba dan mencoba, mana kira-kira yang sesuai dengan saya. Untuk saat ini saya mencoba peruntungan pada Fisika. Saya menyukai pelajaran ini sejak SMP. Namun, kemampuan saya untuk bidang ini pun sangat minim, tidak menonjol sama sekali menurut saya, sehingga harus membutuhkan banyak lagi latihan.

Saya kadang iri dengan anak-anak yang telah mengetahui bakatnya sejak kecil, memiliki orang tua yang siap mendukung bakat dan potensi si anak hingga menjadi seseorang yang berhasil. Jujur saja, saya tidak memiliki semua itu. Saya tidak tahu apa bakat saya bahkan sampai saya berusia hampir 17 tahun seperti saat ini, dan orang tua saya juga tidak pernah mengerti bakat saya.

Dan saya memang benar-benar harus berusaha sendiri. Berusaha mencari tahu dimana sebenarnya bakat dan minat saya. Saya tidak bisa lagi menyalahkan takdir dan orang tua yang tidak menggali bakat saya ketika dini. Saya tentu tidak bisa berbalik badan dan berlari, karena berhenti berusaha hanyalah sifat seorang pengecut.

Kita tidak akan pernah tahu apa yang terjadi di waktu yang akan datang, mau jadi apa dan seperti apa saya 10 tahun lagi tidak ada yang tahu. Sayapun juga tidak tahu. Yang saya butuhkan saat ini hanya mengembalikan semangat, motivasi, dan kepercayaan diri saya. Saya harus bisa meyakinkan diri saya sendiri kalau saya BISA,,, PASTI BISA!!! Saya tidak boleh kehilangan diri saya.

Mengerjakan Fisika yang terpenting menurut saya hanya bekal percaya diri dan yakin. Hanya tulis apa yang menurutmu benar, tentunya setelah mengerti semua konsepnya. Dan yang kedua harus teliti dan benar-benar dimengerti maksud pertanyaan. Kelemahan saya sangat jelas. Kurang teliti dan ragu. Apa yang ada diotak saya tidak saya tuliskan karena saya ragu dan tidak yakin. Hasilnya....bisa ditebak. Saya tidak menemukan jawabannya. Ketika saya melihat kunci jawaban, penyesalan yang muncul karena analisis awal saya benar dan saya tidak menuliskannya. Selain itu saya juga lemah dlam ketelitian. Konsepnya benar, cara-caranya benar jawabannya bisa salah hanya karena salah memberi tanda positif atau negatif. Semua itu tidak bisa ditolerir dalam Fisika!!

Kita tidak akan pernah tahu kalau tidak mencoba dan merasakan sendiri. Saya tidak mau tahu dan berfikir apakah nanti saya tetap di jalur Fisika apa tidak. Saya tidak mau terlalu banyak berfikir apakah yang saya lakukan saat ini benar atau tidak, karena memang saya tidak tahu jawabannya. Entah apa yang terjadi pada saya suatu hari nanti, namun untuk saat ini saya hanya ingin menfokuskan diri saya untuk mengikuti lomba ini dan melakukan apa yang seharusnya saya lakuakan dengan sebaik-baiknya. Dan jika itu saya lakukan terus menerus mungkin saja suatu saat nanti saya bisa menemukan jawaban atas pertanyaan yang muncul dikepala saya..

Do’akan saya yaa..... Semangat!!

Selesaiii...
Rista Fitria Anggraini.

0 komentar:

Posting Komentar